Penjelasan Manfaat dan Kegunaan EKG



Sebagian orang yang awam tentang dunia alat kesehatan pasti asing dengan kata ekg, apa itu ekg? apa fungsi alat itu, bagaimana cara alat itu bekerja dan apa hasil dari alat itu. EKG (Pemeriksaan Elektrokardiogram) adalah suatu alat yang digunakan untuk pemeriksaan kesehatan terhadap aktivitas elektrik(listrik) jantung. Elektrokardiogram adalah rekaman aktivitas elektrik jantung yang berupa garis-garis, grafik garis naik turun seperti gelombang atau di sebut juga wave.
Ø  Manfaat dan fungsi EKG
Manfaat EKG
·         1. Mengetahui pembesaran ruang2 jantung, atrium maupun ventrikel.
·         2. Mengetahui gangguan keseimbangan elektrolit (terutama kalium).
·         3. Mengetahui gangguan hantaran (seperti aritmia).
·         4. Mengetahui efek dari obat2an (seperti anti aritmia).
·         5. Mengetahui penilaian fungsi jantung.

Selain itu, EKG juga berfungsi untuk sebagai sarana evaluasi untuk menilai tingkat keberhasilan terapi yang sudah diberikan serta sebagai sarana evaluasi dari tindakan latihan yang telah dilakukan.

Fungsi EKG
EKG mempunyai fungsi  diagnostik diantaranya :
  1. Aritmia jantung
  2. Hipertrofi atrium dan ventrikel
  3. Iskemik dan infark miokard
  4. Efek obat-obatan seperti  ( digitalis, anti aritmia dll )
  5. Gangguan keseimbangan elektrolit khususnya kalium
  6. Penilaian fungsi pacu jantung
Kegunaan EKG adalah :
1.       Mengetahui kelainan-kelainan irama jantung (aritmia)
2.       Mengetahui kelainan-kelainan miokardium (infark, hipertrophy atrial dan ventrikel)
3.       Mengetahui adanya pengaruh atau efek obat-obat jantung
4.       Mengetahui adanya gangguan elektrolit
5.       Mengetahui adanya gangguan pericarditis

Cara kerja EKG?
Bagaimana cara alat EKG bekerja? pertanyaan bagus. EKG akan bekerja dengan benar dan akurat apabila pemasangan kabel-kabel lead pada kabel ekg itu benar dan tepat. Mungkin bisa lihat pada gambar dibawah ini untuk posisi meletakkan lead ekg c1, c2, c3, c4, c5, RA, RL, LA, LL secara benar dan tepat.
setelah pemasangan lead ekg nya, mulai lah operasi kan unit ekg nya. saya ada video pengoperasian ekg 3 channel merk zoncare. disimak langsung saja video nya agar mudah dipahami.

Hasil Print EKG
Hasil dari pemeriksaan EKG, hasil nya adalah alat ekg akan membuat suatu report hasil pemeriksaan lalu di print dengan kertas ekg sebagai media nya. hasil print nya berupa grafik naik turun dan ada keterangan-keterangan nya. misal C1 grafik nya begini, C2 begitu dan sebagai nya. Hasil Print nya pun sudah terinterprestasi jadi memudahkan suster / perawat / dokter mudah membaca nya. Berikut Hasil Print Out pemeriksaan ekg.

Apa kalian sudah tau manfaat dan kegunaan EKG setelah membaca artikel ini?, saya berharap kalian bisa memahaminya. Mungkin cukup segini dulu pembahasan kita kali ini, semoga bisa di mengerti. Maaf jika masih banyak kesalahan karena saya juga masih belajar.

Comments